RESEP LODHO AYAM ISTIMEWA KHAS IBU KAMI

INTISARIINFO – Selepas SMA kami melanjutkan pendidikan atau kuliah di luar kota jauh dari kota kami lahir dan tumbuh hingga selesai SMA. Kemudian selesai kuliah biasanya dari kami tidak ada yang pulang kampung mengabdikan diri di kampung halaman, alias mencari kerja di kota besar di seluruh Indonesia. Kemudian menetaplah lama di kota tempat kami mendapatkan pekerjaan. Pekerjaan sudah di dapat lalu episode selanjutnya adalah  berkeluarga.

Bekerja, berkeluarga di kota yang jauh dari kota asal, tidak memungkinkan sering untuk nengok kampung halaman di mana lahir dan dibesarkan. Di kota kelahiran sampai SMA kami dibesarkan dengan berbagai makanan khasnya. Dari oleh-oleh khas kota kami sampai dengan warung atau rumah makan di kota kelahiran kami terasa masih ingat betul. Awalnya memang kami jarang pulang, kalaupun mudik tidak setiap tahun. Kemudian beberapa waktu terakhir kami hampir mudik setiap tahun.

Jika mudik selalu mengingat-mengingat sambil menanyakan rumah makan atau warung makan ketika kami masih belum minggalkan kota kelahiran kami. Dari jawaban saudara-saudara bahwa di kota kelahiran saya sudah banyak berbagai restoran atau rumah makan, maklum kami meninggalkan kota Trenggalek sudah lebih dari tiga puluh tahun. Dan nampak sekali perubahan perkembangannya bila dibandingkan ketika saya masih tinggal di kota kelahiran kami.

Ada yang beda dan menarik sekali bagi saya. Sekarang banyak muncul warung makan/rumah makan/restoran dengan menu lodho ayam. Suatu saat mampirlah ke restoran yang sudah terkenal yang menu utamanya adalah Lodho Ayam. Untuk menjawab rasa penasaran saya, isteri dan anak. Pesanlah kami makanan dan minuman yang cukup mengenyangkan dan memuaskan rasa untuk kami bertiga. Masakan Lodho Ayam ini ternyata adalah mirip bahkan persis seperti apa yang sering di masak oleh ibu kami ketika masih kecil.

Penasaran belum terjawab karena kami setelah kembali ke Kota tempat bekerja ingin masak Lodho Ayam seperti di Restoran tempat saya mampir. Kalau bisa masak sendiri dan enak seperti di Restoran terkenal tersebut, bisa terjawablah kalau sewaktu-waktu ingin makan Lodho Ayam. Tanpa harus pulang kampung yang jauh itu. Mumpung masih di kampung cari contekan dan juga minta resep dari Ibu kami. Catatan resep yang kami dapat dari Ibu kami disertai tambahan saran dari saudara-saudara, tetangga orangtua kami, saya ringkas menjadi resep masakan Lodho Ayam Khas Kota kelahiran saya sebagai berikut :

Resep Lodho Ayam Istimewa

Bahan :

1. Ayam kampung 1 ekor
2. Santan kelapa 1/4 liter atau 250 ml
3. Bawang putih 10 siung
4. Bawang merah 14 butir
5. Kunyit 6 Cm 
6. Jahe 5  Cm
7. Kencur 3 Cm
8. Cabai rawit sesuai selera, tinggal disesuaikan dengan selera pedas masing-masing
9. Serai 2 batang
10. Lengkuas 4 Cm
11. Garam secukupnya
12. Kemiri 5 butir
13.Ketumbar 1 sendok makan
14.Merica 1 sendok makan
15. Penyedap rasa secukupnya
16. Gula secukupnya
17. Daun jeruk 3 lembar
18. Daun salam 2 lembar

Cara Membuat Lodho Ayam Istimewa

1. Bersihkan ayam kampung lalu belah badanya
2. Panggang dengan arang sampai matang. Agar terasa gurih, sebelum dibakar lumuri             ayam dengan sedikit garam.
3. Memarkan lengkuas, jahe dan batang serai
4. Tumislah semua bumbu halus lalu tambahkan jahe, batang serai dan lengkuas
5. Tambahkan sedikit air, kemudian masukan ayam yg sdh dipanggang tadi ke wajan.
6. Teruskan memasak sampai air mendidih
7. Tambahkan penyedap rasa, garam, gula, daun jeruk dan daun salam
8. Tuangkan santan kedalam wajan
9. Masaklah dengan api kecil sampai santan mengental kira-kira antara 30 menit hingga 1       jam.
10. Saat proses memasak jangan lupa bolak-balikan ayam agar matang merata dan bumbu        tercampur.
11. Angkat dan ayam lodho siap untuk disajikan

RESEP LODHO AYAM ISTIMEWA KHAS IBU KAMI
LODHO AYAM ISTIMEWA YANG SUDAH SIAP UNTUK DINIKMATI


Resep Lodho Ayam di atas khas resep masakan Ibu kami plus saran saudara dan tetangga, alias resep Lodho Ayam rame-rame atau bareng-bareng. Bumbunya banyak macamnya. Lezat dan Cocok untuk lidah orang Indonesia. Satu ekor ayam untuk dihabiskan rame-rame, bumbunya rame, resepnya dibuat rame-rame. Tapi setelah kami usulkan nama resepnya adalah Resep Lodho Ayam Rame-rame semua tidak sepakat. Dan akhirnya lebih cocok jika nama resepnya adalah Resep Lodho Ayam Istimewa. Selamat mencoba.

BACA JUGA : 

RESEP SOP IGA SAPI KUAH BENING ISTIMEWA SUEDAAP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar