INTISARIINFO - Selama pandemi Covid-19 dan penerapan physical distancing, Perusahaan
Listrik Negara (PLN) mengajak para pelanggan penguna listrik untuk melakukan
baca meter secara mandiri. Perusahaan pelat merah ini menyediakan layanan
khusus melalui aplikasi whatsapp secara
terpusat.
”Ini bagian dari physical distancing yang
kita lakukan. Untuk mengurangi interakasi langsung antara petugas dengan
pelanggan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona,” ujar Senior
Executive Vice Precident Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono,
melalui keterangan pers.
Sebelumnya, PLN menangguhkan sementara proses pencatatan dan
pemeriksaan stand meter bagi pelanggan pasca bayar untuk bulan Mei 2020.
Sebagai gantinya, untuk rekekning bulan berikutnya, PLN telah menyiapkan
layanan melalui aplikasi whatsapp bagi pelanggan yang ingin melaporkan angka
stand dan foto meter.
Pelanggan pasca bayar dapat menggunakan layanan tersebut dengan
cara:
1.
Siapkan nomor kWh
meter dan foto stand meter.
2.
Buka Aplikasi
Whatsapp, kirim pesan ”Halo” ke nomor 08122-123-123.
3.
Ketik 2 untuk
pembayaran pasca bayar
4.
Ikuti langkah
selanjutnya sesuai petunjuk.
Pelaporan angka stand meter ini dapat dilakukan pelanggan sesuai
dengan tanggal pencatatan stand meter masing-masing pelanggan. Laporan tersebut
kan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik setiap bulannya.
”Akhir bulan April ini, pelanggan akan melaporkan tagihan bulan
Mei. Demikian juga bulan Mei nanti, pelanggan dapat mengirimkan angka tagihan
bulan Juni,” lanjut Yuddi.
Bagi pelanggan yang tidak bisa melaporkan angka KWh, dasar
perhitungan yang digunakan adalah pemakaian rata-rata selama tiga bulan
terakhir.
Selain baca meter mandiri, kata dia, pelanggan
juga diharapkan melakukan pembayaran secara online. Pembayaran
dapat dilakukan dimana saja. Seperti internet banking, ATM, dompet digital, SMS
banking, maupun aplikasi e-commerce.
Sumber: PLN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar