PLN SARANKAN BACA METER MANDIRI


INTISARIINFO - Selama pandemi Covid-19 dan penerapan physical distancing, Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengajak para pelanggan penguna listrik untuk melakukan baca meter secara mandiri. Perusahaan pelat merah ini menyediakan layanan khusus melalui aplikasi whatsapp secara terpusat.
”Ini bagian dari physical distancing yang kita lakukan. Untuk mengurangi interakasi langsung antara petugas dengan pelanggan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona,” ujar Senior Executive Vice Precident Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono, melalui keterangan pers.

Sebelumnya, PLN menangguhkan sementara proses pencatatan dan pemeriksaan stand meter bagi pelanggan pasca bayar untuk bulan Mei 2020. Sebagai gantinya, untuk rekekning bulan berikutnya, PLN telah menyiapkan layanan melalui aplikasi whatsapp bagi pelanggan yang ingin melaporkan angka stand dan foto meter.


Pelanggan pasca bayar dapat menggunakan layanan tersebut dengan cara:
1.      Siapkan nomor kWh meter dan foto stand meter.
2.      Buka Aplikasi Whatsapp, kirim pesan ”Halo” ke nomor 08122-123-123.
3.      Ketik 2 untuk pembayaran pasca bayar
4.      Ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk.
Pelaporan angka stand meter ini dapat dilakukan pelanggan sesuai dengan tanggal pencatatan stand meter masing-masing pelanggan. Laporan tersebut kan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik setiap bulannya.
”Akhir bulan April ini, pelanggan akan melaporkan tagihan bulan Mei. Demikian juga bulan Mei nanti, pelanggan dapat mengirimkan angka tagihan bulan Juni,” lanjut Yuddi.
Bagi pelanggan yang tidak bisa melaporkan angka KWh, dasar perhitungan yang digunakan adalah pemakaian rata-rata selama tiga bulan terakhir.
Selain baca meter mandiri, kata dia, pelanggan juga diharapkan melakukan pembayaran secara online. Pembayaran dapat dilakukan dimana saja. Seperti internet banking, ATM, dompet digital, SMS banking, maupun aplikasi e-commerce.
Sumber: PLN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar