KUNJUNGAN EDUKATIF SDIT NURUL FIKRI DEPOK

kunjunga edukatif sdit nurul fikri depok
Awas Terlambat
SOEDARSONOFAMS  - Kunjungan edukatif SDIT Nurul Fikri...hore...hore.... ma,,,, mama,,,ada surat dari bu Guru baca,,,,ma,,,,baca. Begitu sepulang sekolah Ilham lari lari sambil memegang selembar kertas putih. Yang katanya; isi dari surat pemberitahuan tentang kunjungan edukatif. Hore.....kelihatan senang sekali Ilham sambil menyerahkan selembar kertas putih berharap mamanya segera membaca isinya. Sambil membaca isi surat pemberitahuan kunjungan edukatif mama tak lupa mencoba bertanya kepada Ilham untuk mengetahui apa arti atau pengertian kunjungan edukatif menurut Ilham. Ilham sudah tahu belum kunjungan edukatif...... itu ma...pokoknya tgl 31 Maret 2015 Ilham bersama-sama teman-teman kelas 1 SDIT Nurul Fikri jalan-jalan, naik bus ke tempat bermain.
Pokoknya seru dan Ilham senang sekali. Naik bus rame-rame dan bareng-bareng bersama teman-teman dan ibu guru. Di tempat bermain itu ada macam-macam permainan. Pokoknya senang sekali. Tapi ma jangan lupa Ilham dibantu untuk mempersiapkan apa-apa yang dibawa; makanan kecil, pakaian ganti, jas hujan dll...jangan lupa ya ma begitu pesannya. Itulah yang mampu ditelaah oleh Ilham tentang pengertian kunjungan edukatif SDIT Nurul Fikri. Seminggu sebelum tanggal hari pelaksanaan surat tersebut diterima, selama itu juga setiap hari Ilham dengan semangat selalu mengecek apa-apa isi tas yang akan dibawa ke tempat tujuan Kunjed.


kunjungan edukatif sdit nurul fikri depok
Selfi dg Bu Gina
Pengertian kunjungan edukatif SDIT Nurul Fikri adalah merupakan aktifitas belajar dari realitas yang sesungguhnya yang ada disekitar kita untuk mengenal dan menambah pengetahuan serta membangun hubungan social yang lebih luas. Aktifas ini merupakan salah satu bentuk pengenalan pada siswa tentang kondisi sesungguhnya dari yang dipelajarinya yang dilakukan dengan mengunjungi obyek ilmu pengetahuan, lembaga, organisasi profesi tertentu. Atau bentuk pengenalan pada siswa tentang kondisi sesungguhnya dari subtema  materi pelajaran yang sedang dipelajari sesuai kurikulum 2013, senangnya belajar dengan pendekatan Tematik. ...Tema lingkungan dengan sub tema Masyarakat... Anak dibawa keluar dari lingkungan kesehariannya. Keluar dari lingkungan kesehariannya ke lingkungan yang mungkin belum dia kenal atau asing, melihat desa, memandang alam sejauh mata memandang, sawah yang hijau terbentang bagai permadani di kaki langit. Kunjungan edukatif SDIT Nurul Fikri, diharapkan dapat memperkenalkan anak didik belajar secara langsung di alam, anak didik akan lebih menghargai dan menjaga lingkungan sekitar berujung pada mencintai negeri mereka sendiri dengan segala yang ada di dalamnya. Dan tujuan kunjungan edukatif antara lain : Menambah wawasan pengetahuan alam dan sosial politik. Menambah pengalaman belajar siswa secara langsung. Menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan hidup. Mempererat silahturahmi antara murid dan guru.


KUNJUNGAN EDUKATIF sdit nurul fikri depok
Tanam Padi
Lalu kemana kunjungan edukatif SDIT Nurul Fikri kali ini yang dilakukan Ilham bersama teman-teman kelas 1 SDIT Nurul Fikri Depok Jawa Barat. Kunjungan edukatif kali ini bersama teman-temannya dilaksanakan tanggal 31 Maret 2015. Berangkat dari sekolah pukul 06.00 WIB. Pulang dijemput disekolah sore hari. Tempat tujuannya di Pelita Desa Ciseeng Tangerang Jawa barat. Pelita Desa merupakan salah satu Pos Desa di bawah naungan Yayasan Pelita Ilmu, terletak di Jl. H. Miing Rt 01/03 Rawa Bangsa Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Dengan lahan seluas 2,5 hektar dimana hampir 50% merupakan area pesawahan dan rawa. Dengan lahan seluas ini pelita desa mempunyai
KUNJUNGAN edukatif SDIT Nurul fikri depok
Ilham Tdk Takut
program -program yang dengan basis sosial untuk masyarakat sekitar. Ada pun program – program yang ada di Pelita Desa antara lain :PKBM Pelita Desa, Outbound Pelita Desa, kewirausahaan Masyarakat Environment Building. Wahana Wisata Edukasi ini (yang kemudian populer dengan sebutan Outbound Pelita Desa) mempunyai target pasar dari kalangan sekolah baik dari Playgroup, TK, SD, SMP, SMU maupun Universitas. Dari kegiatan Outbound inilah Pelita Desa berkembang dengan dukungan dari para siswa/siswi PKBM Pelita desa itu sendiri karena untuk mendampingi para peserta outbound mereka dijadikan sebagai Instruktur  dalam memimpin permainan – permainan yang ada dan setelah selesai kegiatan outboundnya sore hari mereka belajar sebagaimana mestinya.


Sorenya sepulang dari sekolah sehabis kunjungan edukatif SDIT Nurul Fikri, Ilham lari sambil teriak-teriak aduh-aduh. Aduh capek ma....tapi senang bisa main macam-macam. Main di sawah....gelantungan dll .....biasa berceriteranya masih berantakan..... waulupun rasa senangnya masih menyeliput

2 komentar:

  1. bagus utk siswa2 kota yang kurang mengenal alam pedesaan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus