TIPS MUDIK DENGAN KENDARAAN PRIBADI


INTISARI INFO - Acara mudik di Indonesia bagi masyarakatnya adalah sudah menjadikan hal rutin dan sudah membudaya. Rasanya kurang lengkap dan kurang sempurna jika pada waktu lebaran tidak mudik, berkunjung ke saudara, sanak family dan yang paling penting sungkem ke orangtua.

Walaupun mudik sudah menjadi hal rutin setiap tahun dan berulang namun sangat perlu persiapan yang baik dan seksama agar perjalanan mudik terasa aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Namun selain perjalanan mudik banyak kegiatan yang dilakukan, kegiatan silaturahmi keluarga, acara reuni, kegiatan wisata dan berbagai kegiatan lainnya selama mengisi libur lebaran.

Ada beberapa tips yang sebaiknya menjadi pertimbangan agar mudik aman, nyaman, selamat dan menyenangkan dengan menggunakan mobil pribadi :

1. Periksa dan persiapakan kondisi kendaraan
Kondisi kendaraan hal yang penting. Cek semua kondisi mobil yang meliputi kondisi mesin,oli , rem, lampu, wiper dan power stering. Karena komponen tersebut merupakan komponen yang vital selama perjalanan. 

2. Jaga kebersihan interior mobil
Kebersihan kendaraan juga merupakan hal yang penting.  Jika kondisi kendaraan bersih maka para penumpang juga akan merasa nyaman.

3. Persiapan kotak perkakas jangan sampai lupa.
Perkakas merupakan hal yang penting berupa kunci-kunci yang sering digunakan, tanda bahaya dan dongkrak jika nanti dalam perjalanan mengalami kemacetan atau terjadi kerusakan. 

4. Jangan lupa obat-obatan
Obat-obatan penting untuk dipersiapkan karena biasanya saat perjalanan mudik banyak toko obat atau apotek yang tutup menjelang libur lebaran.  Seperti obat pusing, demam, batuk, plester, dll. Atau jika anggota keluarga harus membawa obat-obatan khusus yang harus selalu dikonsumsi, supaya tidak ada yang tertinggal sehingga perlu disiapkan terlebih dahulu.

5. Jangan  lupa makanan
Persediaan makanan juga merupakan hal yang penting saat melakukan perjalanan, karena saat menjelang lebaran biasanya banyak terjadi kemacetan,  selain menghemat biaya, ketika melewati  jalan sepi yang jauh dari penjual makanan anda tidak perlu kawatir jika sewaktu-waktu timbul rasa lapar.  Jika telah memiliki persediaaan makanan yang memadai maka bisa dimakan setiap saat dibutuhkan.

6. Atur jadwal istirahat
Kondisi tubuh juga harus dijaga, perjalanan panjang, kemacetan sangat memerlukan stamina yang prima. Planing tempat-tempat peristirahatan selama jalur perjalanan lebih baik jika diatur dan dipersiapkan. Jika masih awam dengan kondisi jalur perjalanan bisa mencari info via internet atau melalui orang yang telah mengalami mudik pada jalur tersebut.
Setiap tahun banyak sekali yang melakukan perjalanan panjang untuk mudik, semoga tips ini bisa menjadi referensi untuk anda dan bermanfaat. Dan yang paling penting adalah berdoa sebelum setiap aktifivas dilakukan. Selamat mudik. Dan Selamat sampai kembali di rumah masing-masing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar