FIELD TRIP SDIT NF KE TAMAN MARGASATWA RAGUNAN

KEPAGIAN ANTERNYA
SOEDARSONOFAMS - Materi belajar di Sekolah Muhammad Ilham sampai dengan akhir bulan September 2015 ini adalah modul buku ke dua dengan Tematik Hewan. Di dalam modulnya memperkenalkan kepada anak didik kelas 2, tentang hewan atau binatang. Ada beberapa binatang yang dicontohkan yakni ikan, katak dan gajah. Apa yang dibuku itu hanya sebagian kecil dari jumlah binatang yang ada.

Bermacam-macam binatang dari yang hidup di air, di darat dan yang bisa terbang di udara. Untuk menyebutkan 10 ikan air laut saja belum bisa lengkap. 10 ikan air tawar juga belum. Sebutkan sebanyak-banyak hewan yang berkaki empat. Sebutkan binatang apa saja yang memakan daging juga masih jauh dari jumlah yang sesungguhnya ada. Maklumlah masih kelas dua sekolah dasar. Perlu pengayaan wacana dan pengayaan buku yang dibaca.
FIELD TRIP SDIT NF KE TAMAN MARGASATWA RAGUNAN
GAJAH SUMATRA


Di dalam kelas belajar bersama-sama teman satu kelas dengan bimbingan bapak/ibu guru. Membaca, mendengarkan penjelasan bapak/ibu guru dan mendengarkan cerita suatu binatang dari teman sekolah. Di rasakan masih sangat kurang. Ketika anak di suruh membayangkan serta menceritakan tentang binatang gajah masih belum begitu paham. Malah ada yang bilang kalau tahunya gajah dari televisi saja. Belum pernah melihat langsung dari dekat. Untuk melihat dari dekat tentang binatang Muhammad Ilham bersama-sama teman sekolahnya berkarya wisata atau field trip ke Taman Margasatwa Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan, letaknya tidak jauh dari SDIT NF Depok.
TIDAK JAUH DARI SDIT NF
Field Trip inilah yang sebaiknya dilakukan bagi anak didik siswa Sekolah Dasar.  Dengan maksud untuk mengenal lebih jauh apa yang sedang dipelajari di dalam kelas dengan kondisi aktualnya. Field Trip yang memberikan tugas sebagai laporannya. Membimbing, mengarahkan dan mengkondisikan anak supaya memperhatikan apa-apa yang harus dilihat dan dicatat ketika melihat di lapangan. Dengan maksud bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang harus di laporkan dari field trip tersebut. Laporan atau catatan tentang gajah misalnya. Akan lebih lengkap informasi tentang gajah ketika anak didik tersebut betul-betul sudah paham tentang field trip serta apa yang akan di lakukan di field trip tersebut. Karena field trip adalah berwisata sambil belajar. Bukan sekedar jalan-jalan dan bersenang-senang.

Paling tidak setelah pulang dari Field Trip wawasan tentang gajah jadi bertambah banyak. Bukan sekedar gajah adalah binatang berkaki empat dan berhidung panjang. Bisa jadi sepulang dari field trip semakin banyak tahu tentang gajah. Itu tentunya yang kita harapkan sebagai pendidik dan orangtua. Pemahaman tentang maksud dan tujuan field trip yang paling penting, bukan ketika ditanya untuk apa membawa papan tulis berjalan ke Ragunan jawabnya adalah tidak tahu. Ketika murid tahu kegunaan papan tulis berjalan, berikutnya adalah tahu apa yang mau dilakukan atau apa yang mau dituliskan.
PETA BONBIN RAGUNAN

Muhammad Ilham bersama teman-teman kelas dua SDIT Nurul Fikri Depok kali ini tujuan field tripnya ke Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan. Kebon Binatang Terbesar di Asia Tenggara yang isinya lengkap berasal dari seluruh dunia. Jadi tempat tujuan yang sangat cocok dengan pelajaran modul kedua, tematik Hewan. Semoga kegiatan field trip yang di lakukan siswa kelas dua SDIT NF Depok menyenangkan bagi anak-anak murid dan memenuhi harapan guru dan orangtua murid dalam proses pembelajaran. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar