|
KEPAGIAN ANTERNYA |
SOEDARSONOFAMS - Materi belajar di Sekolah Muhammad
Ilham sampai dengan akhir bulan September 2015 ini adalah modul buku ke dua
dengan Tematik Hewan. Di dalam modulnya memperkenalkan kepada anak didik kelas
2, tentang hewan atau binatang. Ada beberapa binatang yang dicontohkan yakni
ikan, katak dan gajah. Apa yang dibuku itu hanya sebagian kecil dari jumlah
binatang yang ada.
Bermacam-macam binatang dari yang
hidup di air, di darat dan yang bisa terbang di udara. Untuk menyebutkan 10
ikan air laut saja belum bisa lengkap. 10 ikan air tawar juga belum. Sebutkan
sebanyak-banyak hewan yang berkaki empat. Sebutkan binatang apa saja yang
memakan daging juga masih jauh dari jumlah yang sesungguhnya ada. Maklumlah
masih kelas dua sekolah dasar. Perlu pengayaan wacana dan pengayaan buku yang
dibaca.
|
GAJAH SUMATRA |
Di dalam kelas belajar bersama-sama
teman satu kelas dengan bimbingan bapak/ibu guru. Membaca, mendengarkan
penjelasan bapak/ibu guru dan mendengarkan cerita suatu binatang dari teman
sekolah. Di rasakan masih sangat kurang. Ketika anak di suruh membayangkan
serta menceritakan tentang binatang gajah masih belum begitu paham. Malah ada
yang bilang kalau tahunya gajah dari televisi saja. Belum pernah melihat
langsung dari dekat. Untuk melihat dari dekat tentang binatang Muhammad Ilham
bersama-sama teman sekolahnya berkarya wisata atau field trip ke Taman
Margasatwa Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan, letaknya tidak jauh dari SDIT
NF Depok.
|
TIDAK JAUH DARI SDIT NF |
Field Trip inilah yang sebaiknya
dilakukan bagi anak didik siswa Sekolah Dasar.
Dengan maksud untuk mengenal lebih jauh apa yang sedang dipelajari di
dalam kelas dengan kondisi aktualnya. Field Trip yang memberikan tugas sebagai
laporannya. Membimbing, mengarahkan dan mengkondisikan anak supaya
memperhatikan apa-apa yang harus dilihat dan dicatat ketika melihat di
lapangan. Dengan maksud bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang harus di
laporkan dari field trip tersebut. Laporan atau catatan tentang gajah misalnya.
Akan lebih lengkap informasi tentang gajah ketika anak didik tersebut
betul-betul sudah paham tentang field trip serta apa yang akan di lakukan di
field trip tersebut. Karena field trip adalah berwisata sambil belajar. Bukan
sekedar jalan-jalan dan bersenang-senang.
Paling tidak setelah pulang dari Field
Trip wawasan tentang gajah jadi bertambah banyak. Bukan sekedar gajah adalah
binatang berkaki empat dan berhidung panjang. Bisa jadi sepulang dari field
trip semakin banyak tahu tentang gajah. Itu tentunya yang kita harapkan sebagai
pendidik dan orangtua. Pemahaman tentang maksud dan tujuan field trip yang
paling penting, bukan ketika ditanya untuk apa membawa papan tulis berjalan ke
Ragunan jawabnya adalah tidak tahu. Ketika murid tahu kegunaan papan tulis
berjalan, berikutnya adalah tahu apa yang mau dilakukan atau apa yang mau
dituliskan.
|
PETA BONBIN RAGUNAN |
Muhammad Ilham bersama teman-teman
kelas dua SDIT Nurul Fikri Depok kali ini tujuan field tripnya ke Taman
Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan. Kebon Binatang Terbesar di Asia Tenggara
yang isinya lengkap berasal dari seluruh dunia. Jadi tempat tujuan yang sangat
cocok dengan pelajaran modul kedua, tematik Hewan. Semoga kegiatan field trip
yang di lakukan siswa kelas dua SDIT NF Depok menyenangkan bagi anak-anak murid
dan memenuhi harapan guru dan orangtua murid dalam proses pembelajaran. Amin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar