SOTO AYAM KUAH BENING ISTIMEWA


SOTO AYAM KUAH BENING ISTIMEWA
SOTO AYAM
SOEDARSONOFAMS - Soto, siapa yang tidak kenal dengan masakan ini. Masakan Indonesa yang sangat lezat, ada soto ayam, soto daging. Ada soto Lamongan, soto Madura, soto Makasar, soto ayam Banyumas, soto Padang, dll. Semuanya punya ciri khas masing-masing. Tapi kesemuanya ada persamaannya yaitu masakan yang disajikan bersama nasi putih di temani kuah soto. Baik kuah soto bening atau kuah soto kuning. Di sini kami sajikan menu masakan soto yang lain dengan menu masakan soto yang tersebut di atas. 
Yaitu menu masakan soto ayam kuah bening istimewa. Di mana letak istimewanya yang membuat berbeda akan anda temukan setelah mencobanya.

Bahan dan bumbu:

 1.    6 gelas air putih

 2.    1/3 kg daging ayam
 3.    60 gram soun, rebus kurang lebih selama 2 menit
 4.    3 cm lengkuas
 5.    200 gram taoge rebus sampai setengah matang kemudian tiriskan
 6.    1 batang serai dan sekalian di geprek
 7.    2 lembar daun salam
 8.    2 lembar daun jeruk
 9.    1 buah jeruk nipis
     10.  Lada halus secukupnya
     11.  Penyedap rasa secukupnya, ada yang tidak suka
     12.  Garam secukupnya
     13.  Gula secukupnya
     14.  2 sendok makan minyak goreng
     15.  Bawan goreng secukupnya

 Untuk dihaluskan

1.    3 siung bawah putih
2.    5 siung bawah merah
3.    3 butir kemiri
4.    2 potong jahe setiap potongnya 1 cm
5.    1 potong kunyit 1 cm
           
    Cara memasak menu soto ayam kuah bening special

1.    Rebus ayam yang telah disiapkan, tambahkan serai, lengkuas dan daun salam. Didihkan air hingga ayam ¾ matang. Lalu tiriskan ayam kemudian goreng daging ayam yang telah direbus tadi.
2.    Air rebusan daging digunakan sebagai kaldu ayam, yang nantinya disiapkan untuk kuah soto ayam bening special.
3.    Tumis bumbu yang di haluskan diatas api kecil dengan minyak goreng yang telah disiapkan. Hingga harum baunya dan angkat. Lalu masukkan ke kaldu ayam. Jika  kuah soto senang yang lebih bening tambah air secukupnya ke dalam kaldu ayam tadi.
4.    Tambahkan gula, garam dan penyedap masakan ke dalam kaldu aduk hingga rata. Incipi kuah soto yang sudah jadi tersebut. Sesuaikan selera menurut kesukaan.
5.    Ayam yang sudah goreng di iris-iris (suwar-suwir) masukkan ke mangkok tambahkan taoge, mie soun dan siram dengan kuah soto yang sudah jadi di no. 4
6.    Lebih sedap jika di tambah sambal kecap atau sambal tanpa kecap sesuai selera.
7.    Soto siap di sajikan bersama sepiring nasi putih plus kerupuk udang. Taburkan bawang goreng pada nasi putih jika suka.

Soto ayam kuah bening Istimewa siap di santap, akan nikmat jika kuah soto ayamnya disajikan dalam keadaan panas. Cocok untuk makan siang, malam dan juga sarapan. Selamat mencoba. Suedaap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar