TULISAN INI BELUM DIBERI JUDUL

SOEDARSONOFAMS - Sebagai  orang yang baru belajar saya merasa bingung, pertanyaan awalnya adalah mungkin sama bagi para pemula. Apa  yang harus  dilakukan atau dimiliki untuk membuat blog, untuk menjawab kebingungan itu selain tanya sana-sini, saya juga berusaha mencari buku-buku bacaan yang sesuai atau berkaitan apa yang ingin saya temukan jawabannya.  Buku-buku tentang internet, tentang  bisnis online dan yang berkaitan dengan toko online banyak sekali.  Sampai di sini saya malah tambah bingung buku apa yang harus saya beli. Karena begitu banyaknya buku yang membahas cara membuat web/blog tetapi dari semua judul buku tak satupun yang tidak menarik. Akhirnya beberapa buku sekaligus saya beli.

Beberapa buku saya beli ternyata bingung juga mana yang harus dibaca duluan.  Saya memulai dari buku yang judulnya menarik dan tidak tebal, dengan harapan cepat dapat yang saya harapkan dan tidak lelah membacanya dalam artian cepat mengerti.  Memang saya baca cepat selesai dan tidak merasa terlalu lelah. Tapi setelah selesai membaca dan kemudian mempraktekannya membuat blog masih saja gak mudeng-mudeng alias mau bikin blog gak jadi-jadi. Wah bagaimana ini (tanya dalam hati). Tanya teman kantor jawabannya “gampang”  kenapa mesti beli buku, langsung saja dari internet searching di mbah Google. Nanti sampeyan akan menemukan semua jawaban yang sampeyan cari. Di sana banyak tutorial tentang apa saja, yang berkaitan dengan cara membuat blog.

Berselancarlah ke sana ke tempat mbah Google, dapat yang bagus, dapat yang kurang cocok, walaupun judul tutorial terasa cocok dan sangat menarik. Kadang isinya tak semenarik judulnya ya tapi gak apalah mungkin karena masih baru belajar pula ketika membuat tutorial tersebut. Tapi ada juga yang tutorial yang sangat pendek dan kurang rapi di tutorial blog tersebut saya mendapatkan jawaban yang saya cari. Rasanya plong walau pendek dan kurang rapi tutorial blog tersebut bisa menjawab pertanyaan saya yang lama tak terjawab. Jempol untuk yang ini. Jadi blog yang kurang menarik belum tentu tidak baik isinya. Bagi saya apapun blognya yang penting bisa membantu memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan saya.

Suatu saat terbesit untuk kursus membuat blog atau mendesign blog, tapi semua gak cocok dari semua tempat kursus atau jasa pembuat blog. Maklum ingin punya blog tapi gak ada modal. Modalny komputer yang standar dan pulsa yang pas juga. He he he...apalagi terasa mahal biaya kursusnya. Cukuplah tanya sana-sini kepada teman yang sudah duluan belajar blog atau yang sudah punya blog dan tentunya kepada yang tidak pelit ilmu alias murah ilmu he he he. Tanya ke sana-kesini ternyata membuat blog tidak segampang dan semudah –mudah dan gampang artinya sama ya he he he - yang saya bayangkan semula. Harus mencari dan mencari pendek kata datang rajin-rajin ke mbah google untuk meminta jawaban.  Ke mbah google dengan salam "cara membuat..............."biasanya menemukan jawabanya. Istilah kerennya kata kunci. Maka kemungkinan besar terjawab.

Terasa lelah juga kadang, malah kalau meminjam istilah dari bloger Jawa timur sana www.neoblogcamp.com menzolimi blog, karena blog gak keurus atau gak di tengok. Jadi kalau  punya blog gak diurus dapatnya dosa he he he. Tapi nyatanya kalau kita baca semua bloger rata-rata begitu, timbul tenggelam semangatnya. Coba intip bloger wanita dari malang ini www.juragancipir.com kondisi sekarang yang sudah memetik hasilnya, setelah melalui usaha atau berjuang yang panjang dan gigih tetapi kedua bloger tersebut tidak pernah pelit terhadap ilmu yang sudah di dapat dan dipelajarinya. Maaf mbak Indri dan Pakde Cholik namanya saya sebut-sebut di tulisan ini. Saya katakan apa adanya lo......he he he. Sehingga setiap bertamu ke mbah Googel pasti mampir ke neoblogcam dan juragancipir. Salam dari Depok.

Saya tahu kalau Christian Sugiono itu adalah juga membuat blog setelah mampir di blognya mbak Indri yang Juragan Cipir. Bagi yang baru belajar ngeblog seperti saya ini, pasti banyak yang tidak tahu kalau Christian Sugiono juga seorang yang memeliki blog yang namanya “males banget dot com. Kalau lihat namanya ini kok aneh ya biasanya kan nama blog menggambarkan isinya. Ini namanya malesbangetdotcom. Tapi namanya juga “ cocok”,  buatnya blog sudah lama tahun 2001 bareng kaskus yang sudah ngetop dan besar tapi malesbangetdotcom dibiarkan sampai tahun 2011 di tengok lagi dan di urus. Sesuai kan dengan namanya malesbangetdotcom he he he.  Intiplah sekarang www.malesbanget.com. Tapi sebaiknya mampir dan tonton video ini


Mudah-mudahan bermanfaat. Amin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar