FIELDTRIP KELAS 3 SDIT NURUL FIKRI DEPOK KE PASAR TRADISIONAL DAN KANTOR POS

FIELDTRIP KELAS 3 SDIT NURUL FIKRI DEPOK  KE PASAR TRADISIONAL DAN KANTOR POS
ILHAM MENAWAR HARGA
SOEDARSONOFAMS - Untuk memahami tentang sesuatu hal sehingga sesuatu tersebut bisa dimengerti dengan baik dinamakan proses belajar. Belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara, banyak hal yang bisa di pelajari. Mempelajari sesuatu, semuanya ditujukan untuk memahami dan mengerti. Ada belajar dikelas dan belajar secara ekskursi, yaitu belajar langsung ke suatu hal atau tempat yang ingin dipahami. Belajar dengan melakukan aktivitas diluar kelas dengan mengunjungi suatu tempat biasa disebut studi lapangan atau fieldtrip. Jika belajar dikelas dengan membaca buku dan penjelasan guru maka studi lapangan merupakan proses selanjutnya memahami sesuatu apa yang telah dipelajari di dalam kelas bersama teman-teman dan guru.

Sesuai tema belajar di dalam buku pelajarannya Ilham bersama teman-temannya, kelas 3 D SDIT Nurul Fikri Depok melakukan filedtrip ke Pasar Tradisional Agung Depok dan Kantor POS. Bersama teman-temannya M. Ilham berkunjung ke dua tempat tersebut. Ilham sangat senang melakukan ini semua. Yee besok ke pasar dan ke kantor Pos begitu ucapnya. Disela rasa senangnya sambil bertanya, kantor Pos itu apa ya.......dan kantor untuk apa  ? Tanpa rasa penasaran yang tinggi....ah besok juga tahu (begitu gumannya).


Sehari sebelumnya bpk/ibu guru telah memberikan tugas di rumah untuk menggambar(mempelajari) uang dan melihat-lihat daftar harga atau katalog barang yang akan dibeli. Setiap murid mempunyai tugas membawa uang Rp. 20.000,- untuk belanja di PASAR tradisional. Setiap murid bertugas mempersiapkan daftar atau catatan belanja, barang-barang yang akan dibeli. Karena kunjungannya ke pasar tradisional maka daftar belanja yang dibuat semua siswa adalah sayuran, lauk pauk kering dan buah-buah. Sesuai uang yang dibawa belanjanya tidak lebih dari Rp.20.000,-

FIELDTRIP KELAS 3 SDIT NURUL FIKRI DEPOK  KE PASAR TRADISIONAL DAN KANTOR POS
BERSAMA PAK POS
Sore sepulang sekolah banyaklah cerita yang Ilham katakan mulai dari Pasar Tradisional itu bagaimana dan kantor Pos itu apa ? Dari apa yang Ilham katakan tentang pasar tradisional antara lain yaitu: tempatnya yang terbuka, banyak orang yang jualan, setiap barang dagangan ditunggu satu orang, setiap barang tidak ada tulisan harga yang ditempel, antara pembeli dan penjual saling tanya dan jawab mengenai harga. Itu antara lain cerita yang bisa Ilham ungkapkan dari apa yang Ilham pahami setelah selesai melakukan fieldtrip ke Pasar.

Cerita tentang kantor pos tidak begitu banyak, tahunya kalau kantor Pos itu tempat bayar Listrik, bayar Air pam mengenai kantor Pos untuk mengirimkan surat dan pengirim dokumen serta paket Ilham ceritanya tidak banyak.


Apapun yang diceritakan oleh Ilham, kata dia: jadi lebih tahu lebih banyak tentang Pasar dan Kantor POS setelah fieldtrip dari sebelumnya yang hanya membaca buku dan penjelasan Guru di dalam kelas. Kata Ilham jika sering fieldtrip tentu jauh lebih paham/mengerti jika belajar sesuatu. Senang sekali tampak di raut mukanya, fieldtrip dianggapnya piknik...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar