BUBUR CANDIL SALAH SATU MENU BUKA PUASA

BUBUR CANDIL
BUBUR CANDIL
SOEDARSONOFAMS - Banyak sekali menu favorit yang bisa disajikan untuk hidangan buka puasa. Salah satu menu favorit yang disukai itu antara lain Bubur Candil. Berbahan dasar tepung ketan berbentuk bulat yang biasanya juga disebut biji salak. Serta dengan kuah gula merah dan santan yang gurih. Membuatnya gampang, cukup mudah dan sederhana. Untuk membuat bubur candil secara sederhana perlu disiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan .

BAHAN :
200 gram tepung ketan
1 sendok teh air kapur sirih
180 ml air

KUAH :
800 ml air
200 gram gula merah
4 lbr daun pandan
1,5 sendok makan tepung beras
1 sendok makan tepun ketan  
             
SAUS SANTAN :
800 ml santan, setengah sendok teh garam, daun pandan satu lembar saja.

CARA MEMBUAT BUBUR CANDIL IKUTI PETUNJUKNYA DIBAWAH INI :

Air kapur sirih dan tepung ketan di campur, kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk atau istilah lain diuleni hingga adonan ketan bisa dibentuk. Bentuk bulat-bulat atau agak memanjang menyerupai bentuk biji salak. Lalu taburkan sedikit tepung agar tidak leng ket dan saling menempel.

Masak air, gula merah dan daun pandan sampai mendidih, saring kemudian didihkan lagi. Masukan adonan yang berbentuk tersebut di atas satu persatu agar tidak menempel hingga terapung. Api dikecilkan, lalu masukan campuran tepung beras dan tepung ketan, tapi sebelum dimasukan campur dan aduk dengan sedikit air. Aduk hingga matang dan mengental lalu angkat dari tungku api.Masak bahan saus santan di atas api kecil, di aduk-aduk pelan hingga mendidih dan kental.

Sajikan biji salak dengan mangkok atau gelas lalu siram dengan saus santan.  Bubur Candil pun sudah siap untuk berbuka puasa. Suedaaapp.



2 komentar:

  1. Makanan kesukaan saya
    Rasanya kenyil-kenyil
    Terima kasih resepnya Mas
    Salam sehat dan sukses selalu

    BalasHapus