SOEDARSONOFAMS - Tidak bisa ditolak dan dipungkiri, sehari-hari dengan kegiatan rutin seringkali timbul adanya rasa bosan. Semangat kerja berkurang, pekerjaan banyak tertunda bahkan terbengkelai. Bahkan
kemungkinan menimbulkan rasa tidak suka bahkan benci, jenuh, penat dengan pekerjaan yang sedang dijalani.
kemungkinan menimbulkan rasa tidak suka bahkan benci, jenuh, penat dengan pekerjaan yang sedang dijalani.
1. Buat tempat kerja yang seenak dan senyaman mungkin
Mengusahakan meja kerja yang selalu rapi. Siapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan selama bekerja, misalnya alat- alat tulis, perangkat kerja tertentu, dsb. Tidak ada salahnya menyiapkan camilan atau minuman ringan sebagai “teman” bekerja.
2. Pelihara hubungan baik dengan teman-teman di tempat kerja.
Menciptakan suasana nyaman di tempat kerja pun bisa dilakukan dengan cara menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja. Jalin hubungan baik dengan atasan maupun teman-teman satu tim. Berusahalah jadi pribadi yang menyenangkan, ramah, dan ringan tangan.
3. Masalah pribadi ditaruh di rumah saja
Rasa tidak bahagia saat bekerja bisa jadi muncul lantaran adanya masalah pribadi yang mengganggu pikiran. Sebaiknya, antara masalah pribadi dan pekerjaan di kantor tidak boleh saling memengaruhi. Ketika berangkat ke kantor, cobalah untuk meninggalkan sejenak masalah pribadimu.
4. Buat rencana kerja
Demi bisa maksimal bekerja, membuat rencana kerja sangat perlu dilakukan. Mulailah menyusun jadwal kerja atau to do list pada malam harinya. Tentukan apa saja yang harus dikerjakan esok hari dan pastikan untuk datang ke kantor lebih awal.
5. Fokuskan diri saat bekerja
Pekerjaan bisa berjalan sesuai rencana asalkan kamu bisa fokus selama bekerja. Jangan biarkan hal-hal di luar pekerjaan mendistraksi pikiranmu. Sejenak rehat untuk memeriksa aktivitas di lini masa atau merilekskan pikiran dengan melihat video lucu, tentu sah-sah saja. Namun, jangan sampai kegiatan-kegiatan tersebut mengganggu produktivitasmu.
6. Munculkan rasa tanggung jawab
Pekerjaan bisa dijalani dengan maksimal ketika kamu punya tanggung jawab terhadap pekerjaanmu sendiri. Rasa tanggung jawab akan mendorong kinerjamu menjadi lebih baik sehingga akan muncul rasa puas dalam diri sendiri.
7. Hindari pikiran negatif
Pikiran negatif bisa saja muncul dan mengganggu kinerjamu. Merasa tidak cukup kompeten dengan pekerjaan yang sedang dijalani, menganggap diri sendiri tidak bisa maksimal bekerja, atau merasa tidak memberi kontribusi yang cukup bagi perkembangan perusahaan. Pikiran semacam inilah yang sebaiknya dihindari agar semangat kerjamu tidak semakin kendur.
8. Komitmen terhadap pekerjaan
Supaya bisa menjalani pekerjaan sehari-hari dengan bahagia, komitmen adalah salah satu modal utamanya. Saat kamu sudah punya komitmen yang kuat, segala kesulitan yang dihadapi dalam pekerjaan akan terasa sedikit lebih ringan.
9. Rasa cinta pada pekerjaan
Rasa cinta pada pekerjaan adalah faktor utama yang bisa membuatmu menjalani pekerjaan dengan bahagia. Pastikan bahwa pekerjaan yang saat ini sedang kamu jalani sudah sesuai dengan passion, minat, atau pun bakatmu. Ketika sudah bisa mencintai pekerjaanmu sendiri, maka hari-hari kerja bisa kamu jalani dengan bahagia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar