NASI GORENG SAK KAREPE

Nasi goreng adalah nasi yang digoreng. Gampangnya begitulah. La terus apa ya enak kalau ada nasi sepiring di goreng dengan minyak sudah berubah warna kuning (matang) lalu di makan. Ya kira-kira saja gak enak terus gak ada yang makan. Ada yang bilang kalau nasih goreng itu masakan asli Indonesia. Ada literatur yang menyebut kalau nasi goreng itu adalah sebuah bagian penting dari


masalah tradisional Tionghoa. Ada catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara di bawa oleh perantau-perantau Tionghoa. Menetap dan kemudian menciptakan nasi goreng khas lokal yang di dasarkan pada perbedaan bumbu-bumbu setempat. Nasi goreng di dasari pada ketidak sukaan pada makanan dingin dan tidak suka membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya.
Kira-kira jika nasi masih banyak, sambal di kulkas masih banyak, ada beberapa telur maka untuk praktisnya bisa dibuat nasi goreng, dapat segera disajikan dan di makan.

Unsur utama nasi goreng adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Ada banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sambal, saos, ikan, telor goreng, pete, sosis, tempe, tahu, kerupuk dan lain-lain. Dari berbagai bahan yang digunakan bisa membuat banyak variasi nasi goreng sesuai keinginan atau selera kita. Seperti banyak jumpai di restoran maupun di para pedagang pinggir jalan ada nasi goreng kambing, nasi goreng pete, nasi goreng ayam. Ada yang menyebut kalau nasi goreng yang terkenal di Indonesia sebagai berikut; nasi goreng ikan asin, nasi goreng jawa, nasi goreng kambing, nasi goreng pete. Dan juga Singapore, Thailand punya ciri khas nasi goreng sendiri. Sekarang kalau mau cepat dan praktis banyak dijual bumbu nasi goreng siap pakai tanpa harus mengulek sendiri, ngupas bawang sendiri dll. Tersedia dengan berbagai rasa dan merek.

Kalau nasi goreng kambing, nasi goreng pete itu kira-kira gampang ditebak apa bahan-bahan yang dipersiapkan untuk membuatnya. Tapi kalau nasi goreng spesial apa ya kira-kira bahan dan bumbu yang digunakan. Apalagi kalau yang disebut nasi goreng gila. Apa bahan-bahannya, bagaiman resepnya, bagaimana cara masaknya. Kalau diperhatikan dari beberapa restoran atau pedagang nasi goreng, hampir pasti menu nasi goreng spesial pasti ada. Pas suatu saat saya pesan nasi goreng spesial, terasa ada yang beda dengan nasi goreng spesial di tempat makan yang sebelumnya. Timbullah pertanyaan apa sih persamaannya dan apa sih perbedaan dari menu nasi goreng spesial dari restoran satu dengan restoran lainnya. Kalau persamaan menu nasi goreng spesial atau ciri yang gampang dikenal secara umum baik dipedagang nasi goreng pinggir jalan maupun restoran-restoran adalah adanya telor goreng (ceplok) yang disajikan. Walaupun isinya sangat beragam atau berbeda-beda, perhatikan saja kalau ada orang pesan nasi goreng spesial, pasti dibuatkan telor ceplok.

Lalu apa perbedaan nasi goreng spesial yang ada pada restoran yang satu dengan restoran yang lain, perbedaan nasi goreng spesial di pedagang satu dengan di pedagang yang lain? Di pedagang nasi goreng A tidak sama dengan di pedagang nasi goreng B. Ada yang pakai bakso, ada yang pakai ayam dan ada yang tidak pakai keduanya. Di pedagang nasi goreng A misalnya, selain telor ceplok bahan lainya cuma telor yang di aduk dengan nasi sekaligus. Ada yang pakai mentimun ada yang tidak. Ada yang pakai kerupuk ada yang tidak. Kerupukpun berbeda-beda yang dipakai, ada yang kerupuk kuning, kerupuk kali, kerupuk putih dan jenis kerupuk lainnya. Sehingga tidak ada rumusan yang sama mengenai nasi goreng spesial ini. Sesuai pengalaman dan persepsi masing-masing pedagang. Jadi kalau boleh dikatakan dengan nama yang lain nasi goreng spesial juga disebut nasi goreng sak karepe dewe. Bahasa kerennya nasi goreng sesuai udele dewe dewe (maaf just kiding). Lalu apa bahan, resep dan cara memasak nasi goreng gila. Kalau nasi goreng spesial saja sudah berbeda beda, beraneka ragam. 



1 komentar: