TERTIB SALAH SATU CARA MENCEGAH GONDONGAN

TERTIB SALAH SATU CARA MENCEGAH GONDONGAN
TAMPAK SAAT GONDONGAN
INTISARIINFO - Tidak seperti biasanya Ilham kalau main bersama teman lingkungan pulangnya menjelang shalat dzuhur. Selesai sholat dan makan siang diteruskan bermain itu yang biasa dilakukan jika tidak pergi kemana-mana untuk mengisi hari liburan. Kali ini Ilham pulang sekitar jam 10.00 langsung minum dan ambil makan, Ilham lapar sekali dan capek sekali, ketika berangkat main belum sarapan tidak seperti biasanya. Selesai makan kira-kira jam 11.00 sudah tidur, baru bangun jam 15.00.

Begitu bangun ada yang  aneh di wajah, pipi kanan dan kiri membengkak tepatnya di bawah telinga, badan panas, meriang badan terasa sakit semua. Ilham bilang menderita sekali karena mulut rasanya sangat sakit kalau makan.

Kami sempat agak bingung, sore langsung  ke dokter . Setelah dokter selesai memeriksa , dokter bilang bahwa sakitnya bernama gondongan. Dokter berpesan harus banyak minum, makan dan istirahat, supaya stamina tubuh tetap baik. Dan gondongannya cepat sembuh.

Lalu gondongan itu penyakit apa dan apa penyebabnya? Itu yang menjadi pertanyaan kami.   
Cari informasi di internet,  tanya ke teman dan saudara. Dari berbagai sumber yang banyak dan berbeda-beda, baik dokter, saudara, teman-teman  bahwa penyebab gondongan itu adalah virus. Yang penyebarannya mirip virus flu, apabila turut menghirup udara yang ada virus gondongannya, saat dekat penderita gondongan  bersin dan batuk.

Penyebaran virus gondongan bisa terjadi melalui media alat makan, sendok, gelas juga handuk penderita penyakit gondongan. Sesuai dari internet, serta kata dokter gejala gondongan itu antara lain :       

             1. Wajah nampak besar
             2. Nyeri Sendi
             3. Demam tinggi
             4. Nyeri Perut
             5. Mulut kering
             6. Kurang nafsu makan
             7. Lelah
             8. Sakit kepala

Gejala diatas mirip sekali dengan yang Ilham alami. Cuma waktu itu kurang tahu virus berasal darimana. Padahal saat itu tak satupun teman mainnya yang sakit gondongan.

Sesuai info yang yang kami dapat, gondongan belum ada obatnya. Sembuh karena sistem kekebalan
tubuh yang berhasil melawan virus gondongan itu. Waktu berobat, dokter bilang/berpesan agar selalu jaga kebersihan, setiap pagi tidak boleh lupa sarapan supaya badan tetap fit dan sehat. Ketika sakit gondongan harus banyak istirahat, banyak minum air putih  serta makan yang teratur. Supaya stamina tubuh stabil dan kuat. Karena gondongan menyerang tubuh pada saat stamina sedang menurun.

Cerita diatas  adalah yang pernah dialami Ilham anak kami, jangan sampai anak-anak kita kena
penyakit gondongan karena sungguh menderita, dan ketika sakit  belum sembuh tidak boleh bermain bersama teman, karena gondongan bisa dan gampang menular dengan siapapun. Yang sakit harus mengurangi bermain dengan teman, bersekolah harus setelah betul-betul sembuh yang berarti lama tidak bersekolah dan kerugian lainnya tertinggal pelajaran. Karena untuk sembuh total gondongan ini paling cepat 1 minggu.

Sesuai pesan dokter kita harus jaga kebersihan dan kesehatan. Kita harus tertib makan, kita harus tertib waktu baik untuk belajar, bermain dan istirahat. Dengan harapan, dengan pola tertib  baik makan, bermain dan istirahat stamina tubuh anak-anak tetap terjaga sehingga tidak gampang sakit dan juga tidak kena gondongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar