KUNJUNGAN EDUKATIF KELAS 3 SDIT NURUL FIKRI KE TMII

SOEDARSONOFAMS - Pokoknya seru dan Ilham senang sekali. Naik bus rame-rame dan
KUNJUNGAN EDUKATIF KELAS 3 SDIT NURUL FIKRI KE TMII
SELFIE BERSAMA
bareng-bareng bersama teman-teman dan ibu guru. Pokoknya senang sekali. Ilham tak lupa untuk mempersiapkan apa-apa yang Ilham bawa; makanan kecil, pakaian ganti, tempat minum yang bertali. dll.. Seminggu sebelum tanggal hari pelaksanaan surat tersebut diterima, selama itu juga setiap hari Ilham dengan semangat selalu mengecek apa-apa isi tas yang akan dibawa ke tempat tujuan Kunjed.

Namun alangkah baiknya teman-teman tengok lagi arti daripada kunjungan edukatif itu, di mana pengertiannya
merupakan aktifitas belajar di keadaan sesungguhnya (realitas) yang ada di sekitar kita untuk mengenal dengan lebih serta membangun hubungan social yang lebih luas. Merupakan salah satu bentuk pengenalan pada siswa dengan mengunjungi obyek ilmu pengetahuan, lembaga, organisasi profesi tertentu.

Kali ini sesuai Tema pembelajaran di kelas 3 SDIT Nurul Fikri kunjungan edukatif dilakukan ke TMII dengan memilih anjungan museum Listrik, Skyworl dan Bayt Alquran.

Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) Merupakan satu-satunya museum ilmu pengetahuan dan teknologi (Science museum) di Indonesia yang memperagakan koleksi tentang Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan. Berbagai koleksi peragaan disajikan menggunakan teknologi modern yang interaktif sehingga pengunjung dapat mempraktekkan sendiri peraganya seperti peragaan seri paralel, peragaan menghasilkan arus listrik dari buah-buahan, pensil, koin dan dari magnet.
KUNJUNGAN EDUKATIF KELAS 3 SDIT NURUL FIKRI KE TMII
MUSEUM LISTRIK TMII

Keragaman informasi dan koleksi yang disediakan, memungkinkan MLEB untuk dikunjungi dan dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari rombongan pelajar, mahasiswa, keluarga, hingga wisatawan domestik dan mancanegara. Selain itu MLEB memiliki ruangan sejuk dengan arsitektur unik dan halaman asri yang nyaman untuk melepas lelah pengunjung rombongan maupun keluarga. Setelah beberapa saat belajar bersama dan mengamati  Museum Listrik kemudian semua bersama teman-teman melanjutkankan ke Skyworld.

SkyWorld Indonesia TMII (SkyWorld Indonesia) adalah wahana/taman rekreasi-edukasi bertemakan antariksa dan aeronautika (Space & Aeronautics). Berlokasikan di dalam kawasan Taman Mini “Indonesia Indah” Jakarta Timur; lahan eks Taman Among Putro (20.000 m2), SkyWorld Indonesia dibangun dan pengelolaannya dibawah PT. Rekreasindo Global Utama (sister company dari PT Kriya Indo Makmur) – sebuah perusahaan penyedia jasa layanan konstruksi-engineering umum & pengembangan – pengelolaan wahana/taman rekreasi.
KUNJUNGAN EDUKATIF KELAS 3 SDIT NURUL FIKRI KE TMII
SKYWORLD TMII

Dengan konsep tersebut, visi-misi SkyWorld Indonesia adalah berpartisipasi dalam mengedukasi generasi bangsa Indonesia khususnya anak-anak (pelajar) dan generasi muda tentang wawasan-ilmu seputar dunia antariksa, aeronautika dan teknologi-teknologinya, yang dihadirkan secara atraktif disamping sarana rekreasi yang ada, dan tetap seirama dengan visi-misi Taman Mini “Indonesia Indah” yang berorientasikan Konservasi Budaya Nasional dengan mengakomodir Kearifan Lokal Nusantara pada elemen-elemen yang memungkinkan secara maksimal dan proporsional pada wahana SkyWorld Indonesia ini.

Sesi ketiga atau kunjungan edukatif bagian akhir di Bayt Al-Qur'an dan museum Istiqlal (BQ & MI) merupakan kesatuan dari dua lembaga yang berbeda.bayt Al-Qur'an yang erarti rumah Al-Qur'an dengan materi pokok berupa peragaan yang berkaitan dengan Al-Qur'an, sedangkan Museum Istiqlal menampilkan hasil-hasil kebudayaan Islam Indonesia.

Museum ini mempunyai tujuan untuk menampilkan Islam sebagai pemersatu bangsa dari berbagai etnik di Indonesia dengan menampilkan ajaran budaya Islam Indonesia yang berkualitas dan kreatif dalam upaya untuk memantapkan jati diri bangsa, menampilkan wajah Indonesia yang mempunyai penduduk muslim terbesar di dunia dalam percaturan internasional melalui kajian sejarah perkembangan ajaran Islam dan implementasinya dalam seni dan budaya, menyampaikan makana yang lebih mendalam tentang tentang ajaran Islam dan karakter kebudayaannya yang bersifat terbuka, otentik, toleran, progresif dan cosmopolitan, dan sebagai pemicu untuk pengkajian ajaran dan kebudayaan Islam secara khususnya di Indonesia dan umumnya di Asia Tenggara.
KUNJUNGAN EDUKATIF KELAS 3 SDIT NURUL FIKRI KE TMII
BAYT ALQUR'AN TMII

Karya-karya unggulan para ulama dan intelektual muslim Nusantara sejak abad ke-17 sampai ke-20 yang bernilai historis dapat disaksikan disini. Warisan budaya berupa musyaf, manuskrip Al-Qur'an, arsitektur, seni rupa Islami yang memiliki keindahan seni juga tersimpan. Bayt Al-Qur'an dan museum Istiqlal, memang menghadirkan pesona untuk direnungkan.

Ruang pamer Bayt Al-Qur'an menghadirkan beragam seni mushaf dari dalam dan luar negeri, seperti mushaf istiqlal yang menjadi primadona pada festifal Istiqlal tahun 1995, Mushaf Wonosobo yang merupakan terbesar, hasil karya dua orang santri asal pondok pesantren Al-Asy'ariah, Wonosobo, Jawa Tengah, Mushaf Sundawi yang menampilkan iluminasi ragam hias khas Jawa Barat, dan mushaf Malaysia yang menampilkan ragam hias khas Malaysia.

Ditampilkan pula Al-Qur'an standar Departemen Agama RI, Al-Qur'an biasa dan braille untuk umat Islam tunanetra. Disajikan juga Al-Qur'an interaktif dalam bentuk perangkat lunak (software) computer yang dapat diopersaikan secara digital seperti program-program computer lainnya. Ruang peraga museum Istiqlal menyimpan dan menampilkan benda-benda budaya yang telah berabad-abad usianya, menembus peradaban suku, bahasa, daerah dan adat-istiadat di Indonesia. Kejayaan historis masa lalu dan masa kini berbaur dalam suatu peristiwa. Manuskrip Al-Qur'an, benda-benda tradisi dan warisan, arsitek, seni rupa kontemporer, serta benda Islmai lainnya, semua tersimpan disini, sebagai hasil implementasi dan aplikasi budaya yang bersumber dari Al-Qur'an.

Demikian cerita yang bisa saya sampaikan dari kunjungan edukatif Ilham bersama semua teman kelas 3  SDIT NF di bulan Maret 2017







Tidak ada komentar:

Posting Komentar