MANFAAT KOPI ITU SANGAT BANYAK ?

MANFAAT KOPI ITU SANGAT BANYAK ?
VAN NDILEM
SOEDARSONOFAMS - Kopi sebuah minuman yang berasal dari biji kopi. Di Indonesia kopi cukup popular, dimana orang sering meminum kopi saat pagi dan sore hari. Di beberapa wilayah yang ada di Indonesia, terdapat berbagai kedai kopi dimana di kedai-kedai tersebut para masyarakat berkumpul sambil bercerita segala hal. Mulai dari masalah pribadi, negara, dan politik. Seakan-akan kopi menjadi alat pemersatu untuk menggeluarkan ide dan pendapat seluruh masyarakat. Tetapi yang harus kamu tahu, kopi juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuhmu. Kopi adalah minuman yang menyehatkan. Banyak sekali manfaat kopi yang harus kamu rasakan dan kamu ketahui.
Cobalah kamu mengkonsumsi kopi. Tapi, tetap dalam batas yang wajar untuk mengkonsumsinya.
1. Kopi Sebagai Pencegah Kanker

Kanker menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan pentingnya mengkonsumsi kopi untuk mencegah kanker. Kanker merupakan akibat dari banyaknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, polusi, dan gaya hidup yang kurang sehat. Dengan mengkonsumsi kopi sebanyak tiga hingga empat gelas sehari, kamu bisa mencegah terjadinya kanker. Seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, dan berbagai kanker lainnya. Hal itu dikarenakan kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak.

2. Kopi Bisa Menambah Energi

Kandungan kafein dalam kopi dapat membuat bertambahnya stamina. Kafein selain berguna untuk membakar lemak, kandungan tersebut juga meningkatkan level adrenalin dalam darah. Akibat dari kandungan tersebut, kopi dapat meningkatkan stamina tubuh hingga 11-12%. Untuk itu kamu wajib mengkonsumsi kopi sekitar setengah jam sebelum berolahraga untuk mendapatkan kondisi prima pada tubuh.

3. Kopi Dapat Menambah Kecerdasan

Sangat jarang orang yag menyangka bahwa kopi dapat meningkatkan kecerdasan. Tetapi hal tersebut benar. Kafein dapat meningkatkan daya kerja otak yang cukup efektif. Sudah banyak penelitian mengenai hal ini.

4. Kopi Sebagai Minuman untuk Diet

Kamu yang sedang melakukan diet, sudah sewajarnya untuk mengkonsumsi kopi. Karena kandungan kafein dalma kopi dapat mengikat lemak. Kopi dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 10 % pada penderita obesitas. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingn menurunkan berat badan.

5. Kopi Memiliki Banyak Nutrisi Penting untuk Tubuh

Kalau kamu mengkonsumsi kopi, kopi memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan sangat baik bagi tubuh. Kopi memiliki kandungan Riboflavin, pantothenic acid, manganese and niacin. Kandungan tersebut tersedia dalam secangkir kopi.

KOPI TRENGGALEK
6. Kopi Sebagai Obat Diabetes

Sudah cukup banyak penelitian yang mengungkapkan kalau kopi mengandung zat yang cukup baik untuk penderita diabetes. Karena kopi memiliki zat asam klorogenat yang dapat membantu kerja insulin. Bagi para pecinta kopi mereka bisa terhindar dari terkena diabetes hingga 50 %.

7. Kopi Mencegah Terjadinya Alzheimer

Kopi ternyata bisa mencegah penyakit alzheimer. Penyakit yang dapat menurunkan daya kerja saraf, penyakit ini biasanya menyerang orang lanjut usia. Hingga saat ini alzheimer belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Tetapi beberapa penelitian mengungkapkan bahwa, kopi bisa mencegah alzheimer. Untuk itu wajib untuk mengkonsumsi kopi satu hingga empat gelas dalam satu hari.

8. Kopi Menjaga Kebersihan Mulut

Meskipun kopi berwarna hitam dan tampaknya sangat kotor, tetapi ternyata kopi memiliki kandungan zat yang bisa menjaga kebersihan mulut. Sehingga dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, flak, dan infeksi gusi. Kopi juga sangat baik untuk mencegah kanker mulut.

9. Kopi Berguna Sebagai Masker Wajah

Kamu pasti sudah sering mendengar adanya masker kopi. Yah kopi tidak hanya baik bagi kesehatan. Tetapi juga sangat berguna sebagai masker kecantikan. Kopi dapat mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit wajah semakin kencang.

10. Kopi Dapat Menjadi Obat Liver

Kopi ternyata sangat bermanfaat untuk penyakit liver. Kopi memiliki kandungan yang cukup baik untuk mencegah terjadinya penyakit hati. Sudah sewajarnya kamu mengkonsumsi kopi untuk mencegah penyakit liver tersebut.

11. Kopi Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan kopi yang kaya akan oksidan membuat kopi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kopi dikenal dapat mencegah kerontokan rambut. Gunakan saja bubuk kopi untuk rambutmu.

12. Kopi Dapat Meremajakan Kulit

Antioksidan pada kopi dapat meremajakan kulit. Karena bubuk kopi dapat mengangkat sel kulit mati dan kulit akan selalu tampak sehat dan bercahaya.

13. Kopi Bisa Membersihkan Siku dan Tumit

Biasanya siku dan tumit terlihat kulit retak. Ternyata kopi bisa membersihkan siku dan tumit yang hitam akibat keretakan tersebut. Kopi juga dapat menjadi pencegah penuaan dini. Di atas beberapa manfaat dari kopi.Kopi juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh. Seperti jantung yang berdebar lebih kencang, asam lambung, sulit tidur, menyebabkan panas dalam dan sariawan.

Sebaiknya mengkonsumsi kopi dalam batas sewajarnya. Sehingga tidak mengalami efek samping yang cukup berarti. Semoga bermanfaat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar