BUAH RAMBUTAN

buah rambutan
Buah Rambutan di Lenteng Agung
SOEDARSONOFAMS - Minggu-minggu  ini masih banyak dipinggir jalan antara Pasar Minggu sampai Depok, orang yang jualan buah rambutan. Sebetulnya kenapa buah itu dinamakan buah rambutan, kapan waktu panennya,  dari mana saja rambutan sebanyak itu di datangkan. Selain pertanyaan-pertanyaan itu yang muncul setiap lihat atau pas beli buah rambutan, masih banyak lagi berbagai pertanyaan yang muncul. Kalau kita makan buah rambutan yang enak itu timbul juga pertanyaan, apa saja  yang dikandung buah rambutan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Dari berbagai sumber yang dibaca dan dirangkum  sebagian kecil bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas.

Nama Buah Rambutan

Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Sehingga buah ini dinamakan buah Rambutan.  Nama lainnya juga disebut Nephelium Lappaceum . Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki rambut dibagian luarnya (eksokrap). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum.  Endokrap berwarna putih menutupi "daging. Bagian buah yang dimakan, “daging buah” sebenarnya salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas (rambutan aceh/ngelotok).

Kapan Musim Panen

Buah-buahan di Indonesia banyak sekali ada durian, duku juga buah rambutan. Buah-buahan ini bergantiannya munculnya atau musim panennya. Biasanya setelah musim durian lalu musim  rambutan kemudian musim duku.  Itu kalau kita ingat dan amati di  pinggiran jalan apa yang banyak dijual para pedagang buah. Khususnya rambutan musim panennya antara bulan Desember, Januari sampai Februari setiap tahunnya. Dan sampai bulan Maret masih kelihatan banyak pedagang buah yang dagangannya adalah buah rambutan. Nah kalau pas musim buah rambutan harganya murah dan buahnya masih segar dan bagus.

Dari mana Pedagang Mendatangkan

Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Srilanka. Pohon rambutan menyukai suhu tropika hangat( suhu rata-rata 25 derajat celcius). Pohon ini suka air sehingga banyak berbuah pada musim penghujan dan  banyak tumbuh hampir seluruh wilayah Indonesia. Jawa dan Sumatra lebih banyak dari wilayah lain di Indonesia. Kalau pas musim rambutan ini katanya banyak pedagang yang ambilnya dari Subang Jawa Barat. Ada yang bilang dari mana saja, Bogor, Indramayu dll. Juga daerah Depok  banyak tanaman buah rambutan ini.

Kandungan Buah Rambutan

Nilai Gizi per 100 g buah rambutan segar yang dikutip dari USDA sbb :
Sumber: USDA                             
Energi 343 kJ (82 kcal)
Karbohidrat 20.87 g
Serat 0.9 g
Lemak 0,21 
Protein 0.65 g
Thiamine (vit. B1) 0.013 mg (1%)
Riboflavin (vit. B2) 0.022 mg (2%)
Niacin (vit. B3) 1.352 mg (9%)
Vitamin B6 0.02 mg (2%)
Folate (vit. B9) 8 μg (2%)
Vitamin C 4.9 mg (6%)    Mineral
Calcium 22 mg (2%)
Iron 0.35 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Manganese 0.343 mg (16%)
Phosphorus 9 mg (1%)
Potassium 42 mg (1%)
Sodium 11 mg (1%)
Zinc 0.08 mg (1%)
See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-rambutan-untuk-kesehatan-818.html#sthash.YoJdPpWQ.dpuf


Manfaat Buah Rambutan

Setelah baca sana sini manfaat buah rambutan berkhasiat sebagai obat yang tak ternilai harganya, cocok untuk dikonsumsi orang-orang yang tengah berdiet menurunkan atau menjaga berat badan.  Kulit buah digunakan untuk mengatasi desentri dan demam dan biji digunakan untuk mengatasi kencing manis. Cara meramu atau membuat buah rambutan sebagai obat bisa di search dari berbagai sumber di mbah google. Sekian dulu ceritanya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar